Balada Penipuan


Senin kemarin (2/8), saya lagi asyik2 nya ber'doa di waktu dhuha. Belum selesai, tiba-tiba sang ayah panggil2. Jgleeek! Pintu kamar terbuka, suara itu diam sejenak. Segera saya akhiri doa'nya. Nengok arah pintu...

"Vi, coba lihat ini, papa nemu ini di jalan." Cengar-cengir khas bapak, (kayak gw)

// eits apaan nih?

Beliau menyerahkan bungkusan transparan(kayak bungkus pil obat) ukuran kira-kira 3 x 5 cm.
// Kayak ipis deh (stiker gitu deh, hadiah yang biasa ditemukan di bungkusan chiki.
selintas saya lihat dibalik plastik transparan itu: lambang kepolisian Republik Indonesia.
// Wuihhh apaan lagi neh ??????
Setelah melakukan pengamatan yang tidak terlalu lama, segera bungkus itu langsung saya buka.

JREEENG...

bungkusan itu diisi 2 kertas berbeda ukuran.
Perhatian pertama saya langsung tertuju pada kertas putih berlambang kepolisian. Isinya persis sprt ini:

SURAT REKOMENDASI
No. 116/ dit.poldaMJ-II/ 2010

Selamat kepada konsumen yang beruntung mendapatkan hadiah kendaraan TOYOTA AVANZA, semoga dapat manfaat buat anda dan keluarga, Saya Drs. Condro Kirono, selaku kaditlantas Polda Metro Jaya, menghimbau dan memberitahukan bagi anda yg beruntung untuk cepat dan segera mengurus balik nama kendaraan anda STNK dan BPKB, agar hak milik anda tidak disalahgunakan oknum dan pihak lain yang tidak bertanggung jawab. sebagaimana telah disepakati oleh pelaksana program hadiah PT. ULTRA PRIMA ABADI. kami akan membantu secara prosedur sesuai dengan tugas dan tanggung jawab kami.

Jakarta, 02 Februari 2010
ditlantas Polda Metro Jaya

(ttd + foto yang dicap kepolisian)

DRS. CONDRO KIRONO, MM
KOMBES POL NRP. 61452877

Setelah baca kertas itu, duh rasanya bingung plus ambigu. Maksudnya apa ini?

lanjut ke kertas selanjutnya...

kertas yang ukurannya kira2 3 x 5 cm dengan ketebalan 0,01 mm. (kayaknya sih)
kedua sisi nya terdapat tulisan. Saya akan mengetik ulang tulisan disisi satunya, dan sisi yang lain bisa dilihat di gambar. Begini persisinya:

PT ULTRA PRIMA ABADI
KETENTUAN PENGAMBILAN HADIAH

1. Hadiah tidak dapat ditukar di toko, warung atau di supermarket.
2. Hadiah langsung diantar ke alamat pemenang oleh pihak pengantar hadiah.
3. Jangan menghubung ke nomor lain untuk mencegah pihak yang tidak bertanggung jawab.
4. hadiah utama tidak dapat diwakilkan kepada pihak manapun.
5. untuk informasi silahkan menghubungi Contact Center.

(Ada juga bar code yang menunjukan nomor pemenang. Disampingnya lambang TANGGO berwarna merah)

Di sisi lainnya, saya melihat kotak berwarna abu-abu yang di atasnya bertuliskan : SILAHKAN GOSOK DISINI

Sejenak, sebelum saya menggosok tuh kupon (akhirnya saya sadar kalau itu kupon undian), kasihan juga nih orang yang udah ngejatuhin kupon hadiah langsung dari TANGGO. Duh...duh beruntung juga ayah saya nemuin ini. Ketika saya tanya di mana nemuin nih kupon dan posisi ayah saya seperti apa.. Beliau langsung menjelaskannya:di Jl. Pahoman (di Bandar Lampung loh..) pas lagi naik motor dengan kecepatan pelan.
SINGG..
langsung dah kelihatan ada benda kecil yang menarik perhatian sang ayah. langsung di ambil. (deskripsi jelasnya saya kagak tahu deh, ckckck).

Padahal bungkusannya kecil abis. Kok bisa yah?

emang tuh punya daya magnet imajiner.

Fokus kepada kertas tadi. Saya langsung ambil koin ingin segera nggosok tuh kupon. (Jadi inget Ale-Ale)

SIM SALAH BIM...GA NABRAK

"SELAMAT ANDA MENDAPATKAN 1 UNIT MOBIL TOYOTA AVANZA"

Sikap skeptis saya langsung keluar. Gw kagak percaya nih!

Tapi...melihat harapan sang ayah..

akhirnya saya memutuskan ngecek dih Google.com
Biar babe yakin juga kebenaran tuh hadiah dadakan nemu di jalan.

Bener kagak nih TANGGO bagi2 hadiah..

Perlahan namun pasti, harapan punya toyota avanza terbang seiring angin berhembus (pas itu di lampung lagi angin gede.
Di salah satu blog yang saya buka menyatakan ada modus penipuan yang mengatasnamakan PT. ULTRA PRIMA ABADI dengan produk Wafer TANGGO nya. Katanya penipuan ialah memasukkan kupon berhadiah palsu ke dalam bungkus tanggo asli. selain itu, menyebarkan bibiy-bibit kupon di jalan-jalan. kasus semacam ini telah masuk ke daerah-daerah di Indonesia. Oknum penipuan ga tau deh udah ketangkep apa blm.

konon, korban yang menemukan kupon tsb, mengikuti instruksi menelpon Contact Center yang tertulis, bisa dihipnotis melalui telepon (duh sereeem amat)
Kalau mau check and recheck. Dateng aja ke http://ambonganteng.wordpress.com/2010/01/29/waspadai-kupon-tango-berhadiah-avanza/

Kini hanya tinggal angin saja yang terasa hangat di lubang hidung. Saya tertawa saja mengalami kejadian ini. Begitu juga Sang ayah..
(this is funny moment, Dad)

WASPADALAH 2x

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Buku: Self Driving

Ringkasan The Old Man and The Sea

Kisah di Balik Pintu (1)