Awal Kudu Menyenangkan

Selamat datang di Fakultas Ilmu Pendidikan! Tempat lahirnya para pakar pendidikan. Ga nyangka yah, perasaan baru kemarin ngadepin UN, sekarang temen2 sudah resmi jadi mahasiswa. Gimana rasanya? Deg-degan? Biasa aja? Atau malah serem? Memang gitu sih rasanya kalau memasuki dunia baru. Apalagi dunia yang kata orang2 nih, dunia penuh idealisme! Beda banget sama dunia SMA. Percaya deh…

Setelah berjuang dan akhirnya diterima di UNY, pastinya kamu punya tujuan dan orientasi dong. Kenapa kamu pilih jurusan ini, apa pengaruhnya bagi kehidupan kamu dan cita-cita. Ya ga? Harapannya jurusan yang udah dipilih bukan sekadar coba-coba, tapi udah mantap hingga meraih gelar sarjana kelak. Selanjutnya, kamu harus memahami lebih dalam jurusanmu dan menekuninya dengan sungguh-sungguh. Kamu akan dibutuhkan di lingkungan masyarakat.

Awali dengan meningkatkan rasa percaya dirimu! Kini kamu mahasiswa yang asalnya mungkin jauh dari Yogyakarta dan sendiri. Tak perlu minder! Karena kita semua pintar, kita semua cerdas. Kamu perlu pahami bahwa semua manusia diciptakan dengan segala kebaikan dan keistimewaannya. Kalau bahasa kerennya keep cool and confidence, okay?! Kamu bisa jadi pioneer yang paling aktif, asalkan tidak overacting. Sikap ini dijamin ga bikin kamu kuper dah.

Berbaur, bergaul, dan luaskan jaringan, Bro! Wajib diterapkan pas OSPEK dan pas kuliah. Kata para dosen mahasiswa baru itu cirinya gumun-gumun (takjub) lihat kampus sama suka bergerombol. Masih suka bareng sama satu-dua orang yang dianggap cocok. Namun, jadilah pribadi menarik yang baik pada semua orang (bukan penampilan fisik yah, tapi inner-beuty, jeng).

Satu lagi: jadilah Problem Solver dan bukan Trouble Maker. Bayangin deh! Kamu lihat 2 orang mahasiswa UNY. Orang pertama, kalau lihat sampah di depannya, dia langsung mungut dan menaruh di tong sampah. Kemudian orang ke-dua iseng ngobrak-ngabrik tong sampah hingga seluruh sampah keluar berserakan. Lantas dia pergi gitu aja. Sebagai sampah (eh..maksudnya: manusia), gimana perasaan kamu? Dongkol binti nyebelin kan kalau lihat orang ke-dua. Nah, kamu kudu jadi orang pertama, janji?
Oke, kini kamu mahasiswa, bukan lagi anak SMA/ SMK/ MA dan konco-koncone. Di pundakmu kini ada beban yang menjadi tanggung jawabmu. Mau dibawa kemana pendidikan kita?

Hargai diri sendiri; Hargai orang lain; Bertanggung jawab pada semua yang Anda lakukan.
[Pepatah dari Cina]

Novi Trilisiana
17 Juli 2010
[Dalam Rangka menyambut Maba 2010]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Buku: Self Driving

Ringkasan The Old Man and The Sea

Kisah di Balik Pintu (1)