Buku Tentang Ainun dan Habibie


Hallo, saya akan republish resensi buku yang sempat membuat saya memburu buku-buku tentang Ainun dan Habibie.



Judul Buku     : Ainun Habibie
Penulis            : A. Makmur Makka, dkk
Tahun Terbit : Maret 2012
Halaman         : xxiv + 170 halaman
Penerbit         : Edelweiss

Atau bisa disingkat jadi: Makka, A. Makmur, dkk. Maret 2012. Ainun Habibie. Depok: Edelweiss.

B.J Habibie tentu saja paling mengetahui dan paling menyayangi sosok istrinya. Dalam memoar yang ia tuliskan, apa yang mungkin publik tidak pernah tahu tentang ia dan Ainun, kemudian menjadi asupan energi baru bagi pembaca. Namun, teman terdekat mereka berdua pun tak mau ketinggalan mengungkap rasa sayangnya lewat buku Ainun Habibie yang ditulis bersama. Sebab, mereka semua merasa, begitu berharganya Ainun…

Pada November 2010 B.J. Habibie berhasil menerbitkan memoar sepanjang hidupnya bersama Hasri Ainun Besari, sang istri. Maka kita kemudian mengenal Habibie & Ainun terbitan THC Mandiri.


 Pada mulanya buku tersebut hendak dinamai Ainun oleh si penulis tetapi sangat tidak mungkin menceritakan sosok Ainun tanpa kehadiran sosok Habibie. Oleh karena itu, buku Habibie & Ainun keseluruhannya menceritakan peran, aktivitas keseharian, sikap, maupun pandangan Ainun terhadap Habibie dalam hal cinta, keluarga, kolega, bangsa Indonesia, dan pada masalah lain yang diungkapkan secara populer oleh Habibie. Konon, buku tersebut ditulis dengan curahan air mata Habibie pada tiap lembarnya.

Kemudian, munculah keinginan baik dari orang-orang terdekat Ainun dan Habibie untuk mengungkapkan fakta dibalik proses kreatif seorang Habibie yang telah merampungkan 322 halaman Habibie & Ainun hanya dalam dua setengah bulan waktu efektif. Selain itu, mereka membahas juga sosok Ainun dari sudut pandang masing-masing. Tulisan mereka dapat ditemukan dalam buku Ainun Habibie terbitan Edelweiss. Ditulis keroyokan oleh A. Makmur Makka, dkk. Kehadiran buku ini setelah 2 tahun peluncuran buku Habibie & Ainun cukup memanggil publik atau pembaca untuk kembali mengenang Ainun yang kisahnya membuat pembaca dapat meneladaninya. Buku ini menampilkan foto full paper seorang Ainun remaja yang mengawali foto-foto lain di halaman depan sebelum daftar isi. Hal inilah yang menjadikan buku ini menjadi eksklusif dibandingkan buku Habibie & Ainun.

Bagi pembaca yang pernah membaca Habibie & Ainun sepantasnya memiliki Ainun Habibie karena ada bagian-bagian yang tidak diceritakan dalam buku pertama. Seperti hasil wawancara majalah wanita dengan Ainun, hasil interaksi wartawan kontributor media TV di Jerman, serta mengikuti dari dekat proses kreatif Habibie menulis Habibie & Ainun. Selebihnya hampir mengulas ulang dari hasil membaca, interaksi penulis dari buku nya Habibie. Sehingga, salah satu kekurangan buku ini ialah tiap bab yang ditulis oleh penulis yang berbeda-beda ini kemudian kita dapati perulangan informasi yang selayaknya sudah ditemukan pada tulisan sebelumnya. Namun, setidaknya buku ini menyajikan foto-foto dengan kualitas cetakan bagus sebanyak 12 halaman, yang bagi sebagian orang akan menjadi koleksi yang berharga.

Apapun motif dari kedua penulisan buku tersebut, setidaknya pembaca dapat menilai sendiri rupa pribadi Ainun, sebagai hamba Allah, istri yang taat pada suami, ibu yang mengutamakan anaknya, serta teman yang hangat. Demikian pula, pembaca dapat mengambil hikmah dan meneladani kebaikan-kebaikan seorang Hasri Ainun Besari. Sebab, membelajarkan diri dapat dilakukan jua dari membaca kisah hidup orang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Buku: Self Driving

Ringkasan The Old Man and The Sea

Kisah di Balik Pintu (1)