Mimpi Miliki Banyak Anak!




Aku ingin punya banyak sekali anak!

Bukan 5, bukan 50, bukan 500, tetapi 5000 anak atau lebih! Kata orang: banyak bergaul dengan anak-anak, seseorang jadi semakin awet muda. Mungkin, anak-anak buat seseorang berprilaku seperti mereka. Prilaku yang positif khas anak-anak. Bukan yang sering kita dengar ketika ada pertengkaran orang dewasa yang kemudian dicap seperti masih anak-anak saja! (Artinya, asal bertindak, tidak dipikirkan masak-masak). Prilaku yang kumaksud adalah prilaku yang polos, ceria, jernih, murni, suci (apaan sih, udah kayak air zam-zam aja :>) serta menggemaskan alias lucu. :)

Sebenernya aku jadi bersemangat kembali merumuskan cita-cita jangka panjang dalam hidupku yakni membangun sekolah setelah membaca kembali Sekolahnya Manusia-Munif Chatib. Itulah mengapa aku ingin sekali memiliki banyak anak dan dekat dengan mereka. Tidak hanya dekat, tetapi dapat memahami mereka.

Aku ga tahu berapa tahun lagi pastinya rencana itu akan terwujud. Namun, dalam rencanaku itu akan terwujud sekitar 10 tahun lagi. InsyaAllah semoga Allah memudahkan atau bahkan mempercepat waktu yang 10 tahun itu. Tentu saja aku harus mencari tahu bagaimana idealnya sekolah manusia yang berdasarkan teori multiple intelligences. Aku akan 'menjeburkan' diri dalam sekolah yang mengaku sebagai sekolahnya manusia. Entah jadi tenaga pendidik, tenaga administrasi, konsultan media, atau malah jadi office girl. Apa aja deh (saking ingin tahu bagaimana sih, prakteknya?). hehe.

Selanjutnya aku akan melakukan observasi ke beberapa sekolah sejenis. Aku akan mencari formula untuk membangun sekolahku kelak. Kan, kalau banyak sekolah yang memanusiakan manusia maka akan semakin besar dampak positifnya bagi negara ini. Harapannya kualitas sekolah seperti ini banyak mematahkan paradigma lama dan menyebar pada masyarakat luas. Hingga akhirnya sekolah umum yang menghasilkan robot pekerja akan berbondong-bondong ditinggalkan penggemar setianya. Mereka pun akan beralih pada sekolah yang mendidik anaknya sebagai manusia!

Hal lain yang sebenarnya dapat mendukung pemahamanku ialah dengan melihat dan merasakan langsung pendidikan di negara yang menyandang predikat terbaik di dunia dalam bidang edukasi. Yah, apalagi kalau bukan negara Finland! Aku memang udah banyak mengumpulkan referensi data tertulis dan video tentang pendidikan di Finland. Namun, rasanya kurang cukup jika hanya menjadi pembaca dan pendengar setia. Aku mau yang lebih: menjadi pelaku yang tahu seluk beluknya!

Rasa-rasanya senyum anak-anak dari sekolahku kelak terasa makin jelas. Aku ingin menjadi guru sekaligus bunda bagi tiap anak yang punya masing-masing keunikan. Salam sayang dari Bunda...^ buat ribuan anakku kelak!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Buku: Self Driving

Ringkasan The Old Man and The Sea

Kisah di Balik Pintu (1)