Enam Langkah Menata Kamar Tidur


Akhir tahun 2015, sebaiknya sahabat menata ulang posisi barang-barang di kamar supaya lebih bervariasi dari kondisi sebelumnya. Demi dapatkan nuansa baru yang memantik inspirasi. Walaupun ukuran kamar sahabat tidak berubah, sedikit menggeser meja belajar cukup memberikan perubahan cemerlang. Siapa tahu sahabat akan bersemangat belajar saat memindahkan meja belajar pada posisi yang berbeda. Selain mengubah posisi meja, sahabat dapat juga menyeleksi barang-barang untuk dipindahtangankan.
Berikut ini langkah yang bisa dilakukan dalam menata kamar:
 1.        Mulailah dari lemari pakaian. Setiap pakaian mempunyai hak untuk dipakai. Jika lebih dari 6 bulan pakaian tidak dipakai, ada baiknya untuk dipindahtangankan kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Pengecualian pada pakaian yang skala pakainya hampir tahunan seperti kebaya, jas, atau pakaian adat tradisional.
 2.        Perawatan pada buku. Salah satu harta berharga adalah buku karena ia adalah sahabat yang paling setia dalam menempuh perjalanan hidup. Perlakukanlan buku sewajarnya seperti, membacanya, mengategorikan letaknya, mengangin-anginkannya, dan membersihkannya dari debu.
 3.        Mendaur ulang kertas maupun barang. Kertas-kertas bekas yang sahabat miliki dapat sahabat jual atau berikan kepada pengepul kertas sehingga bisa didaur ulang menjadi kertas lagi. Barang-barang yang telah berkurang nilai ekonomisnya pun dapat dijadikan barang yang lebih bernilai guna. Masalah yang satu ini perlu libatkan kreativitas sahabat.
 4.        Mengubah posisi meja belajar. Meja belajar sebaiknya diletakkan pada posisi yang strategis dalam menangkap ide, menyelami ilmu, dan mengikat arti. Misalnya saja menghadap jendela yang menyajikan kesejukan dedaunan hijau. Bisa juga menghadap lukisan yang alam artificial.
 5.        Mengatur penerangan. Posisi lampu sangat penting dalam menjaga kesehatan mata. Sebaiknya letakkan lampu tepat di tengah-tengah ruangan. Jika kamar sahabat sangat luas, dapat dipasang beberapa lampu. Jika sahabat menggunakan lampu meja, posisikan lampu agar tidak memantul ke layar laptop sehingga membuat mata mudah lelah. Pilih juga daya lampu yang cukup menerangi kamar. Tidak terlalu redup dan tidak terlalu terang. Misalnya 18-20 Watt untuk kamar berukuran 3 x 3 meter.
 6.        Memasang aksesoris ruangan sebagai daya tarik. Sahabat bisa menempel poster ataupun kalimat afirmasi dan positif di dinding. Menambahkan pajangan foto keluarga dan ornament unik juga bisa. Jangan lupa untuk menggantungkan pengharum ruangan yang dapat diganti wanginya secara periodik, sesuka hati sahabat.
Oke, jangan bosan untuk berekspresi. Jadikan kamar sahabat adalah tempat peraduan yang nyaman sehingga produktivitas sahabat dapat meningkat. Selamat bersih-bersih semuanya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Buku: Self Driving

Ringkasan The Old Man and The Sea

Kisah di Balik Pintu (1)